Monday, October 10, 2016

PENILAIAN TENGAH SEMESTER


Penilaian Tengah Semester (PTS) atau yang lebih dikenal dengan Ulangan Tengah Semester (UTS) di SMP Labschool Jakarta dilaksanakan pada tanggal 3 – 7 Oktober 2016. Setiap kelas dibagi menjadi 2 bagian, absen awal dan absen akhir. Dan akan semeja dengan adik atau kakak kelas. Hal yang perlu disiapkan dan dibawa saat UTS ada Pensil 2B, penghapus, pulpen bertinta hitam atau biru, kartu legitimasi, pembalajaran soal- soal dan juga yang tidak kalah penting merupakan do’a dari orang tua. Kartu legitimasi dapat didapatkan apabila kita sudah menyelesai pembayaran SPP hingga bulan Oktober, pembayaran uang ekskul, dan juga pembayaran uang native.
Pada hari pertama,yaitu pada tanggal 3 Oktober 2016 ketika saya sampai di sekolah kebanyakan anak kelas 8 belajar di koridor depan kelas 7 atau di koridor depan meja piket. Saat memasuki jam 7, Pak Gilang menyalakan mic dan menjadi mc untuk pembukaan. Pak gilang menyampaikan tips- tips menjawab soal Bahasa Indonesia yang akan diujikan pada hari tersebut dan kebetulan Pak Gilang merupakan guru Bahasa Indonesia yang membuat soal untuk soal kelas 8. Dilanjutkan dengan pembukaan oleh Pak Asdi selaku kepala sekolah dari Sekolah Menengah Pertama Labschool Jakarta. Setelah itu ditunjuk seorang siswa kelas 9 untuk membaca do’a untuk membuka UTS pada hari itu. Do’a tersebut berisi untuk memudahkan kita pada pelajaran Bahasa Indonesia dan Agama Islam.
Ujian hari pertama pun dimulai. Saya menempati ruang 14 dan semeja dengan anak kelas 7. Dan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Menurut saya pelajaran Bahasa Indonesia tidak terlalu sulit untuk dikerjakan tetapi sangatlah mengecoh. Bisa- bisa tiba- tiba anjlok nilainya. Jadi, kunci dari mengerjakan Bahasa Indonesia adalah teliti. Bacalah semua artikel perkata dan bacalah semua pilihan. Karena di Bahasa Indonesia tersebut diantara jawaban yang benar ada yang lebih benar. Teliti, teliti, teliti, dan teliti. Waktu mengerjakan ujian Bahasa Indonesia adalah 120 menit atau 2 jam. Materi untuk kelas 8 ada teks berita, fable, puisi, dan unsur- unsurnya. Setelah bel, istirahat. Banyak siswa yang tidak makan melainkan belajar untuk pelajaran selanjutnya. Istirahat memakan waktu selama 30 menit. Setelah bel masuk berbunyi, kita semua masuk ke kelas dan melakukan ujian agama islam. Agama Islam banyak berisi soal- soal tajwid, menyambung ayat, dan teori tentang rendah hati, hemat, sederhana, dan makan dan minuman halal. Untuk pelajaran agama waktu yang diberikan adalah 90 menit atau 1 jam 30 menit. Menurut saya juga agama tidak terlalu susah apabila kita belajar. Kebanyakan siswa sudah menyelesaikan ujian sebelum bel berdering.
Ujian hari kedua adalah matematika dan prakarya. Matematika waktu mengerjakannya adalah 120 menit atau 2 jam. Seperti biasa kunci dari matematika adalah teliti, ketika waktu sudah habis banyak murid yang belum selesai ya, mungkin banyak yang kesusahan. Setelah istirahat pelajaran prakarya, saat pelajaran prakarya kebanyakan murid menggunakan logika. Banyak dari mereka yang tidak belajar prakarya karena harus belajar matematika. Matematika memang tergolong pelajaran yang sulit. Bel berdering. Suatu kepuasan untuk para siswa- siswi SMP Labschool Jakarta untuk melepas penat mereka dari pelajaran matematika yang susah dan ribet itu. Sangat ribet.

Ujian hari ketiga, keempat, dan kelima sama saja dengan hari- hari sebelumnya. Sama- sama susah. Secara keseluruhan semuanya sama. Yang membedakan hanyalah mata pelajaran dan waktu pengerjaannya.

11 comments: